• Breaking News

    mari mengoprek komputer di software dan hardwarenya

    Sunday 27 November 2016

    mengenal Jenis VGA Pada Pc

    jenis jenis VGA pada Pc atau laptop yang biasa digunakan Seperti Intel, AMD, atau NVDIA

    pengertian VGA

    VGA (Video Graphics Adaptor) atau kartu grafis adalah salah satu alat komputer yang fungsinya melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada monitor. Kalau sederhananya fungsi VGA untuk memproses data grafis seperti game, foto ataupun video.

    dari ketiga diatas menurut saya yang paling bagus itu dari NVDIA nah mari kita bahas kelebihan setiap vga jadi anda bisa menyimpulkan sendiri mana yang kira kira anda sukai.

    1. NVDIA

        VGA ini lebih dikenal para gamer karena sangat mendukung bagi para gamer dalam tampilan visualnya.   

        Perusahaan Nvidia bermarkas di california. Ada dua jenis kartu grafis (vga) yang dikeluarkan nvidia yaitu :
    • Nvidia seri Geforce yang lebih diperuntukkan buat gamer
    • Nvidia seri Quadro yang lebih diperuntukkan buat para profesional editing. 
    Kelebihan VGA nVIDIA

           Sebagai produsen chip grafis nomor 1, NVIDIA memiliki segudang uang untuk kerjasama kepada para programmer dan game developer. Dengan begitu game buatan mereka akan berpihak ke kubu NVIDIA. Atau dnegan kata lain kualitas gambar game tersebut akan menjadi lebih buruk bila dijalankan pada videocard ATI. NVIDIA cukup serius dalam menjalankan strategi konspirasi ini. Bahkan mereka mempropagandakan strategi ini sebagai TWIMTBP (The Way It’s Meant To Be Played).

           Bila sebuah game menyandang logo TWIMTBP, berarti game tersebut dibuat dengan campur tangan nVIDIA di dalamnya, dan sudah dipastikan kualitas gambar / kinerja terbaik hanya akan didapat bila menggunakan videocard nVIDIA. Secara logika saja, tentu mustahil bila sebuah game yang disponsori nVIDIA ternyata tampilannya sama baiknya bila menggunakan ATI.

    2.  AMD / ATI radeon

          Rival utama dari Nvidia. Dahulu namanya adalah ATI. Namun menurut beberapa sumber yang pernah saya baca, ATI radeon diambang keruntuhan kemudian sahamnya lalu dibeli oleh pihak AMD. Itulah kenapa sekarang berganti nama dengan AMD Radeon. 
          Sebagian para gamer ada yang melirik VGA AMD dengan alasan performa diatas nvidia tetapi harga lebih bersahabat. Saya pribadi sih menilai memang wajar saja dan saya akui kalau AMD dengan spesifikasi lebih tinggi tetapi harga yang diberikan sangat bersahabat dengan kantong kita. 
     
    AMD pun mengeluarkan dua versi layaknya nvidia yaitu :
    1. AMD Radeon lebih dikhususkan untuk gaming
    2. AMD FirePro/FireGL untuk profesional user
    Kelebihan ATI Rhadeon

         ATI punya eyefiniti, HD3D, APP. Sedangkan untuk NVIDIA punya stereoscopic (harus SLI), Physx, CUDA, 3D surround. Kemudian untuk kelemahan ATI yaitu tidak support physx, dan kelemahan NVIDIA adalah lebih boros listrik, kalau mau stereoscopic harus SLI. Mobo certified SLI lebih mahal dari mobo support CF. Nah sekarang akan dijelaskan istilah-istilah grafis yang dimiliki kedua vga tersebut.

    Eyefinity adalah teknologi ATI Rhadeon yang memungkinkan sebuah VGA dipasangkan 6 monitor karena memiliki 6 port dvi. Contoh vga yang memiliki teknologi itu yaitu HD5870 Eyefinity edition. Jadi kalau misal main NFS, layarnya lebih lebar karena bisa digabungkan dengan 6 LCD sekaligus.

    CUDA, teknologi ini memungkinkan GPU, processor yang tertanam dalam VGA untuk memantu CPU dalam kalkulasi pemrosesan data. Hal ini tentu saja mempercepat kinerja komputer secara keseluruhan. CUDA, yang bekerja pada bahasa pemrograman C memang dirancang untuk memaksimalkan kinerja GPU untuk memecahkan kompleksitas yang terdapat pada proses komputasi. Teknologi ini memaksimalkan proses pengolahan gambar, video, rendering 3D, dan lain sebagainya. Dengan CUDA, encoding sebuah video dapat dijalankan lebih cepat.

    3. INTEL

         Intel Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di daerah USA dan sangat terkenal dengan sebuah rancangan produksi mikroprosessor nya dan juga mengkhususkan dalam pembuatan sirkuit. Intel juga membuat kartu jaringan, komponen chipset dan lainnya. Intel telah memiliki project riset yang sangat maju dalam seluruh aspek dalam bidang produksi semi konduktor, termasuk MEMS. Intel juga telah mengganti logo dan slogan pada awal Januari 2006. slogannya yaitu "intel inside" dirubah dengan "Intel Leap Ahead". Berikut ini beberapa produk prosessor intel hingga sampai saat ini :
    1. Intel® Pentium®4
    2. Intel® Pentium® Dual-Core
    3. Intel® Core™2 Duo
    4. Intel® Core™2 Quad
    5. Intel® Core™2 Extreme
    6. Intel® Core™ i3
    7. Intel® Core™ i5
    8. Intel® Core™ i7
    kelebihan Intel Corporation

           Kartu grafis (VGA) dengan Intel chipset adalah dirancang untuk daya rendah, sehingga sebagian besar laptop yang mempunyai grafis terintegrasi mempunyai baterai yang lebih tahan lama dan lebih sedikit panas ini lebih penting bagi mayoritas pemilik laptop daripada kinerja grafis. Ada banyak desktop yang motherboard dilengkapi dengan grafis terintegrasi Intel. Hal ini dilakukan untuk membuat biaya PC menjadi murah. Tapi untungnya masih ada Graphics Port Ekspansi sehingga Anda dapat menambahkan kartu grafis yang layak untuk upgrade. Game modern memerlukan daya yang jauh lebih besar dibanding sekedar grafis untuk HD (multimedia). 

    nah dari penjelasan tadi anda bisa menyimpulkan sendiri mana VGA yang cocok dengan yang anda butuhkan 

    No comments:

    Post a Comment